Kamis, 06 Desember 2012

Numpang Iklan Jathilan Pakdhe

PAGUYUBAN KESENIAN JATHILAN KREASI BARU


Sekertariat: Gampeng Rt 01 Triwidadi Pajangan Bantul

Kesenian jathilan atau kuda lumping merupakan gabungan dari seni musik dan seni tari yang digabungkan sehingga menjadi sebuah kesenian yang babus serta amat populer di kalangan masyarakat Jawa. Jathilan dimainkan dengan menggunakan kuda kepang (jaran kepang) yang di mainkan oleh enam atau delapan orang yang menyatukan tarian itu sendiri dengan kekuatan magis.
Asal usul kata jathilan itu sendiri adalah berasal dari bahasa jawa yaitu “jan” yang berarti “amat” dan “til-tilan” yang berarti “banyak gerak”.
Untuk mengiringi kesenian ini membutuhkan gamelan yang terdiri dari drum, kendang jawa dan jaipongan, kenong/bonang, saron, dan gong. Setiap pertunjukan jathilan selalu diwarnai dengan kekuatan magis yang biasanya terjadi pada para pemainnya dalam bentuk kesurupan. Jadi dalam setiap pergelaran seni jathilan ada personil yang bertugas sebagai  pawang, yang mempunyai tugas untuk mengendalikan jalannya kesenian ini dan mengendalikan roh halus atau lelembut yang merasuki tubuh pemain-pemain seni jathilan. Tentunya personil yang menjadi pawang tersebut harus mengerti tentang hal-hal yang berhubungan dengan magis ataupun mistis.
Seiring perkembangan zaman, kesenian jathilan juga semakin berkembang. Yang dulunya hanya menggunakan gamelan sederhana, sekarang sudah dibaur dengan musik moderen. Hasilnya adalah kesenian jathilan “Kreasi Baru”. Salah satu dusun yang masih melestarikan kesenian tradisional jathilan ialah di dusun Gampeng Triwidadi Pajangan Bantul Kesenian tersebut adalah Jathilan kreasi baru yang di beri nama “KUDHA JATIKUMORO” yang tentunya ada daya tarik tersendiri bagi para warga sekitar dan bagi penikmat jatilan.
Terdiri 4 atau 3 babak atau sesuai keinginan yang menanggap (yang mementaskan/tuan rumah ). Ada jathilan ceweknya yang masih mudha mudha dan dengan tentu tarian moleknya. Selain itu ada tokoh celeng, bujang ganong, dll sesuai permintaan tuan rumah. Bisa main malam juga jika tuan rumah menhendaki. Iringan gamelan serta tarianya dijamin bagus dan mempesona, serta lagu-lagu nya pun dibawakan oleh penyanyi2 terkemuka jathilan DIY.


  (gambar ini waktu pentas ditanggap)

  Jathilan ini hanya akan anda saksikan di pementasan jatilan kreasi baru "KUDHA JATIKUMORO" Gampeng NEW, dan masih banyak pementasan yang bikin anda ketagihan yang dapat anda nikmati di pementasan jatilan kreasi baru "KUDHA JATIKUMORO GAMPENG NEW".
Dengan sekertariat:Gampeng Triwidadi Pajangan Bantul
Dengan bapak Oon dan Nawan
email : wibowomukti27@gmail.com
No hp : 085228477551/085327541458

Tidak ada komentar:

Posting Komentar